• Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6 Komplek Muhammadiyah Kauman Kota Padang Panjang.

  • Telp / Fax(0752) 82612
    082174437882

  • Email fkipumsb@yahoo.com

HIMA Bahasa Inggris FKIP UMSB kembali menggelar 'Pekan Hari pahlawan' Dalam rangkaian Milad ke-64

[HUMAS-UMSB]. Padang Panjang. Dalam rangkaian Milad ke-64 tahun, Universitas Muhammadyah Sumatera Barat (UMSB) "Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSB (Muhammadiyah English student Association) kembali menggelar event tahunan yang kali ini bertajuk 'Pekan Hari pahlawan'., Rabu (13/11/2019)..

Event ini berlangsung selama dua hari yakni hari Rabu dan Kamis tanggal 13 s/d 14 November 2019 bertempat di Aula FKIP Kampus Padang Panjang dengan tema "A hero figure in Millenial Era".

Hari pertama berisikan perlombaan tingkat mahasiswa se-Sumatera Barat yang turut dimeriahkan oleh mahasiswa dari berbagai Kampus atau Universitas di Sumatera Barat seperti IAIN Bukittinggi, STIKES Yarsi Bukittinggi, STES Manna wa salwa, STIT Dinniyah Puteri dan hampir seluruh mahasiswa utusan prodi di UMSB mulai dari Fakultas fisipol, Hukum, Teknik, Kesehatan dan Pariwisata, Fakultas Pertanian.

Perlombaan terdiri atas 3 yakni lomba pidato (speech contest), lomba baca puisi (poetry reading contest) dan cerdas cermat bahasa inggris (group quiz contest). Sedangkan di hari kedua, acara berlangsung heboh karena disambut antusias peserta lomba yang terdiri dari utusan berbagai  sekolah menengah seperti MAN 1 Padangpanjang, MAN 2 koto baru, MAN 3 padangpanjang, MA KMM Muhammadiyah, SMA Serambi Mekah, SMK Karya Bakti, SMK 1 Batipuh  dan masih banyak lagi.

Jenis yang diperlombaan adalah speech contest, story telling contest, group quiz contest dan scrabble competition yang memperebutkan piala bergilir dekan FKIP yang kali ini berhasil direbut oleh MA KM muhamadiyah dari MAN 1 Padang Panjang. Acara ini berhasil membuktikan bahwa minat dan bakat siswa dan mahasiswa, walau bukan konsentrasi bahasa Inggris, masih sangat tinggi. Semoga acara ini bisa menjadi ajang tahunan yang ditunggu-tunggu bagi para peserta yang ingin mengasah kemampuan mereka dalam berbahasa inggris dan prodi Pendidikan Bahasa Inggris atas nama HIMA Bahasa inggris telah  berhasil membuktikan eksistensinya dengan menjadi pioneer dalam mencetak siswa dan mahasiswa berbakat dalam berbahasa Inggris.

Penutupan kegiatan dan penyerahan hadiah disampaikan oleh Dekan FKIP UMSB, Dr. Mafardi, M.Pd. Dalam kesempatan pidatonya menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan siswa berbahasa Inggris agar dapat bersaing pada era saat ini. Kompetensi berbahasa ini sangat krusial menghadapi persaingan global dan regional. Hasil penelitian EF (Education First) terbaru EF EPI (EF English Proficiency Index) tahun 2015 tentang tes bahasa Inggris pada 910.000 orang dewasa di 70 negara, menunjukkan bahwa Indonesia berada pada urutan ke-32 di bawah Malaysia. Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan terus memacu semangat bersaing secara sehat dan tampil lebih percaya diri. Bahasa Inggris dan dukungan kemajuan teknologi menjadi penentu karena bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah dimulai sejak tahun 2015. UJarnya

Untuk kontes pidato tingkat mahasiswa perguruan tinggi dimenangkan oleh Riri Angela dari Fisipol UMSB, Rayhan Abelibo dari Fakultas Pariwisata UMSB dan Samdiah dari STIT Diniyah Puteri. Untuk lomba baca puisi dimenangkan oleh Bulan Sari dari IAIN Bukittinggi, Suci Saskia Ulhusna dari FKIP UMSB dan Rafiqo Mesli dari STES Manna Wa Salwa. Sedangkan, cerdas cermat dimenangkan oleh STIT Diniyah Puteri sebagi juara satu dan STES Manna Wa Salwa pada urutan kedua dan ketiga.

Untuk kontes pidato tingkat SLTA dimenangkan oleh Azzahra Gewang dari MAN 1 Padang Panjang, M. Farhan Akbar dari MA KMM Padang Panjang dan Lailatul Fhadilah Jamil dari MAN 2 Padang Panjang. Kontes “story telling” dimenangkan oleh Azzahra Ramadhani dari MA KMM Padang Panjang, Salsabila Hani dari MAN 3 Padang Panjang dan Selvia Gusferivika dari MA KMM Padang Panjang. Lomba cerdas cermat dimenangkan oleh group dari MAN 1 Padang Panjang, MA KMM Padang Panjang dan MAN 2 Padang Panjang.

Dengan demikian, trophy Dekan FKIP UMSB diserahkan kepada MA KMM Padang Panjang sebagai juara umum.

Para peserta lomba kategori perguruan tinggi disertai perwakilan antara lain: IAIN Bukittinggi, STIKES Yarsi Bukittinggi, STES Manna Wa Salwa, STIT Dinniyah Puteri dan seluruh prodi di lingkungan UMSB seperti Fisipol, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan dan Pariwisata dan Fakultas Pertanian dan lain-lain.

Sedangkan lomba kategori SLTA disertai oleh perwakilan antara lain: MAN 1 Padang Panjang, MAN 2 Koto Baru, MAN 3 Padang Panjang, MA KMM Muhammadiyah, SMA Serambi Mekah, SMK Karya Bakti, SMK 1 Batipuh  dan lain-lain. ". (Padang Panjang. Rabu, 13 November 2019)