• Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6 Komplek Muhammadiyah Kauman Kota Padang Panjang.

  • Telp / Fax(0752) 82612
    082174437882

  • Email fkipumsb@yahoo.com

Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumbar gelar Bimtek bersama UMSB

[FKIP, Padang Panjang] Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat laksanakan Bimbingan Teknis dengan tema “ Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pembelajaran” dengan narasumber langsung dari Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi pada Kamis, 28 Februari 2019 di ruang seminar UMSB Padang.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LP3M) UMSB dengan peserta terdiri dari dosen-dosen pengampuh mata kuliah Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Al-Islam Kemuhammadiyaan dan Kewirausahaan dll. Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Rektor I, Ir. Hariadi, M.Eng, beliau berharap kepada semua dosen supaya betul-betul memahami apa yang disampaikan oleh Narsumber dan hendaknya dapat didiskusi bersama.

Adapun yang melatarbelakangi dari kegiatan tersebut ialah Rendahya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, sementara Pemerintah sudah serius dalam pembangunan infrastruktur dan munculnya Image negatif dalam pemikiran masyarakat dengan dibuktikan banyaknya komentar-komentar negative seputar pajak, mendorong Direktorat Pajak aktif mensosialisasikan pajak kepada masyarakat dengan suatu harapan terbentuknya pemahaman masyarakat yang benar dan utuh tentang pajak. Tidak terkecuali Perguruan Tinggi sebagai basis Pendidikan Tinggi. Besarnya potensi pajak dalam membangun infrastruktur negara jika tidak seimbang dengan pemahaman masyarakat yang komprehensif tentu dapat menghambat lajunya pertumbuhan pembangunan dan kesejahteraan negara dan bangsa. Kemudian ketua LP3M Romi Saputra, M.HI menyampaikan “Dengan diakomodirnya materi pajak melalui kurikulum di perguruan tinggi pada mata kuliah Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta Kewirausahaan tentu memiliki nilai tambah tersendiri dalam mempercepat pendidikan pajak tumbuh subur dalam kesadaran masyarakat.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat sebagai lembaga pendidikan yang memiliki kekhasan Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang tercermin dalam mata kuliah Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) memberikan pendekatan dan sentuhan keagamaan kepada masyarakat, dengan harapan seperti itu kurikulum yang ada di Univeristas Muhammadiyah Sumatera Barat akan memberikan Pengaruh besar terhadap dosen, mahasiswa, dan lulusan untuk memberikan kontribusi dalam membangun pendidikan kesadaran pajak kepada masyarakat.

Selain itu melalui catur dharma yang dijunjung tinggi oleh UMSB, pendidikan pajak dapat juga dibangun ditengah masyarakat melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga UMSB melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LP3M) akan terus berupaya mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan pada perangkat pembelajaran yang ada seperti RPS, Silabus, dan bahan ajar. Sehingga betul – betul mutu pembelajaran pajak di UMSB dapat ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik. Kedepan UMSB akan segera menjalin kerjasama dengan Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi, dengan demikian akan lebih banyak lagi kegiatan - kegiatan ilmiah yang berorientasi pajak dapat dilakukan secara bersama - sama sebagai bentuk sumbangan dan kontribusi UMSB untuk Negara Indonesia yang berkemajuan, Ujarnya”. (M/H)