• Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6 Komplek Muhammadiyah Kauman Kota Padang Panjang.

  • Telp / Fax(0752) 82612
    082174437882

  • Email fkipumsb@yahoo.com

Fakultas KIP UM Sumbar Gelar Trauma Healing di Nagari Parambahan

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Sumatera Barat gelar trauma healing atau proses penyembuhan gangguan psikologis pada anak pasca bencana galodo di Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kab. Tanah Datar. Trauma healing pada anak itu dilakukan agar kondisi mental mereka kembali seperti sediakala.

Civitas Akademik beserta sekitar 25 mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Sumatera Barat mengajak anak-anak yang menjadi korban galodo berkumpul di satu tempat. Lokasi kegiatan trauma healing untuk anak ini diadakan di depan masjid Ubudiyah Nagari Parambahan sekaligus menjadi tempat penampungan bantuan. Kegiatan Healing dilakukan dimulai pagi hari sampai waktu sholat zhuhur masuk pada tanggal 27 Juni 2024.

Sekitar 100 Anak berkumpul di depan masjid Ubudiyah mengikuti trauma healing, mereka dari kalangan anak-anak jenjang sekolah SD dan SMP serta didampingi beberapa orangtua mereka. Trauma Healing ini dikonsep oleh rekan-rekan mahasiswa berupa permainan yang menyenangkan seperti estafet sarung, senam wajah yang membuat anak-anak bahagia serta diberi motivasi, kemudian diakhir sesi kegiatan mereka diberikan reward permaianan untuk yang terbaik dan semua peserta.

Dekan FKIP mengatakan "kita mendengar dari kisah masyarakat yang terkena musibah bahwa bencana yang begitu dahsyat, seorang ibu yang melihat anaknya yang hanyut dibawa arus dan banyak rumah yang hancur, tidak bisa kita membayangkan begitu mencekamnya".  

Trauma Healing ini diharapkan agar anak-anak yang terdampak bencana galodo mentalnya baik dan kuat dalam harapan untu meneruskan cit-cita dimasa yang datang sesuai dengan tema yang diangkat "Bersama Mengatasi Trauma untuk Memulihkan Jiwa  Dan Menguatkan Rasa Demi Menyonsong Masa Depan".(dz)

SHARE KE: