• Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6 Komplek Muhammadiyah Kauman Kota Padang Panjang.

  • Telp / Fax(0752) 82612
    082174437882

  • Email fkipumsb@yahoo.com

S1-Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Rabu 30 Agustus 2023

- VISI -

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra lndonesia Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Menjadi program studi yang unggul berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra lndonesia untuk pengembangan IPTEK dan Pembinaan IMTAQ demi menghasilkan lulusan yang berkompeten.

- MISI -

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra lndonesia Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan sebagai berikut;

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Pendidikan Bahasa dan Sastra lndonesia yang bermutu dan humanis.

2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra lndonesia yang berbasis kearifan lokal untuk pengembangan ilmu pengelahuan yang aplikatif.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penyebarluasan dan pengetahuan bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra lndoneoia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4. Mengamalkan nilai-nilai Al-tslam dan Kemuhammadiyahan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa, dan berakhlak mulia.

- TUJUAN -

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra lndonesia adalah :

1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra lndonesia kreatif, kompeten dan humanis.

2. Menghasilkan karya penelitian Pendidikan Bahasa dan Saska lndonesia yang berbasis kearifan lokal untuk pengembangan lptek yang aplikatif.

3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat untuk penyebarluasan dan penerapan pengetahuan bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra lndonesia dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

4. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

 

Data - Data Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Datadukung yang diperlukan dalam kegiatan AL adalah sebagai berikut:

UPPS

No.

NomorButir

Dokumen/Keterangan

1

-

Fotokopi SK pendirian Fakultas/Sekolah Tinggi

 

 

 

2

 

 

 

1.2

 Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/SekolahTinggi

SK pembentukan tim akreditasi

Dokumen mekanisme penyusunan VMTS (daftar hadir, notulen rapat,keterlibatan para pemangku kepentingan,dosen,mahasiswa,tenagakependidikan,alumni danmasyarakat)

Instrumen dan hasil survey pemahaman VMTS

SK penetapan VMTS

 

 

 

 

3

 

 

 

 

2.1

Dokumen SOP yang terkait tata pamong

Dokumen pemilihan pimpinan PS dan UPPS

Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenagakependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.

Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggungjawab.

Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan

 

 

4

 

 

2.2

Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dalam negeri danluar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat,dan pengembangan kelembagaan.

Dokumen MoU dan MoA kerjasama dalam dan luar negeri

Dokumen bukti pelaksanaan kerjasama

 

 

5

 

 

2.3

Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/SekolahTinggi.

Dokumen hasil audit mutu internal

Dokumen monev hasil penjaminan mutu

Dokumen bukti tindaklanjut temuan

 

 

 

 

6

 

 

 

 

3.1

Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi:

1.      Kebijakan penerimaan mahasiswa baru

2.      Kriteria penerimaan mahasiswa baru

3.      Instrumen penerimaam mahasiswa baru

4.      Sistem pengambilan keputusan

Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalamnegeridan luar negeri.

Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir

Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasukIPK lulusan.

 

 

 

7

 

 

 

3.2

Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa.

Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa,antara lain:

1.      Minat dan bakat

2.      Bimbingan konseling

3.    Pembinaan softskill

4.        Keprofesian

5.      Beasiswa

6.      Kesehatan

 

 

Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.

Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.

Dokumen kegiatan pelacakan lulusan(tracerstudy)

 

 

 

 

8

 

 

 

 

4.1dan 4.2

Dokumensistempengelolaansumberdayamanusia

Pedoman tertulis tentang rekrutmen,penempatan,pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.

Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.

Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan.

Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.

 

 

9

 

 

4.3

 Instrumen pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM.

Dokumen pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan.

Dokumen tindak lanjut hasil pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM.

 

10

 

5.1

 Dokumen kebijakan tertulis yang mengatur pemerolehan,pengeloaandan penggunaan dana.

Dokumen monitoring dan evaluasi keuangan

Laporan audit keuangan

 

11

 

5.2

Dokumen pengelolaan prasarana dan sarana

Daftar prasarana dan sarana pembelajaran

Dokumen pemilikan tanah

ProgramStudi

No.

NomorButir

Keterangan

12

-

SK ijin operasiona lPS

SKdan sertifikat akreditasi PS sebelumnya

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

1.1

Dokumen renstra dan renop PS

SK tim akreditasi/taskforce

Dokumen mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan PS(daftar hadir,notulenrapat,keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)

 Dokumen penyusunan visi keilmuan dan keselarasan dengan visi kelembagaanUPPS dan PT.

Instrumen, pelaksanaan dan hasil survei visi keilmuan dan tujuan PS.

Dokumen strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS.

SK penetapan visi keilmuan PS

14

2.1

Dokumen mekanisme pemilihan pimpinan PS dan UPPS

 

 

Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.

Dokumen sistem tata pamong

Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab(jobdescription)

Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan

Dokumen renstra dan renopPS

Dokumen SOP

 

 

 

15

 

 

 

2.3

Dokumen tentang jaminan mutu,struktur organisasi, uraian tugas dan tanggungjawab,dan dokumen mutu.

Dokumen hasil audit mutu internal

Dokumen monev hasil penjaminan mutu

Dokumen bukti tindak lanjut temuan

Dokumen terlaksananya siklus PPEPP dan pelaksanaan penjaminan mutu.

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

3.1

Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi:

1.      Kebijakan penerimaan mahasiswa baru

2.      Kriteria penerimaan mahasiswa baru

3.      Instrumen penerimaam mahasiswa baru

4.      Sistem pengambilan keputusan

?        Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luarnegeri.

Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir

Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan.

Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penerimaan mahasiswa baru.

 

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

 

3.2

Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa.

Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa,antara lain:

1.      Minat dan bakat

2.      Bimbingan konseling

3.    Pembinaan softskill

4.        Keprofesian

5.      Beasiswa

6.      Kesehatan

Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.

Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.

Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan program layanan dan pembinaan mahasiswa.

 

 

 

 

18

 

 

 

 

4.1dan 4.2

Pedoman tertulis tentang rekrutmen,penempatan,pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.

Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejakkinerjadosen dantenaga kependidikan.

Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan.

Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.

 

 

Data dosen homebase, DTPS dan tenaga kependidikan.

Dokumen sertifikat pendidikan, ijazah pendidikan terakhir, dan jabatan fungsional dosen dan tenaga kependidikan.

Data beban kerja dosen tetap pada tahun akademik terakhir (TS).

Data kegiatan mengajar dosen tetap pada semester gasal dan genap pada TS.

Data jumlah bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi dosen dalam 3 tahun terakhir.

Data prestasi/rekognisi DTPS baik di tingkat intenasional,nasional dan lokal dalam 3 tahun terakhir.

Dokumen bukti prestasi/rekognisi DTPS

Data prestasi dan dokumen bukti prestasi tenaga kependidikan dalam 3 tahun terakhir.

Data pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.

Dokumen bukti pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

5.1

Dokumen bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana.

Data penggunaan dana pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi, prasarana dan sarana pendidikan dalam 3 tahun terakhir.

Data rincian dana penelitian dalam 3 tahun terakhir

Data rincian dana pengabdian kepada masyarakat (PkM)dalam3 tahun terakhir.

Dokumen pengelolaan dana

Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan dana dan administrasi umum.

 

 

 

 

20

 

 

 

 

5.2

Daftar inventaris prasarana dan sarana pembelajaran baik di PS,UPPS dan PT.

Dokumen kondisi dan kualias prasarana dan sarana

Dokumen bukti penggunaan prasarana dan sarana

Dokumen bukti aksesibilitas prasarana dan sarana dalam kegiatan perkuliahan, pembimbingan,ujian,seminar,lokakarya dan lain-lain.

Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan prasarana dan sarana.

 

 

 

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

6.1

Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum

Dokumen analis dan evaluasi pemutahiran kurikulum

Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni,stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS.

Dokumen kurikulum (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar matakuliah,dan perangkat pembelajaran)

RPS matakuliah

Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut RPS.

Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS

Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM

 

 

Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS.

Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS.

 

 

 

22

 

 

 

6.2

 Dokumen pelaksanaan tridarma

Dokumen tentang kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik,dan otonomi keilmuan

Dokumen sistem pengembangan suasana akademik

 Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembelajaran.

Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM.

 

23

 

6.2.2

 Data hasil penelitian dan PkM yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran.

 Dokumen bukti integrasi

 

 

24

 

 

6.2.3

Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan(kehadiran dosen dan mahasiswa)

Data dan bukti hasil monitoring perkuliahan

Dokumen tindak lanjut hasil monitoring perkuliahan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

 

25

 

 

6.3

Dokumen panduan penilaian pembelajaran

Dokumen pelaksanaan penilaian pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam kurikulum.

Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran.

 

 

 

26

 

 

 

6.4

Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya.

Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarna dan sarana dalam pembelajaran mikro.

Instrumen penilaian pembelajaran mikro

Dokumen bukti pelaksanaan pembelajaran mikro

Data rekaman pembelajaran mikro

 

27

 

6.5.2.1

Dokumen bukti pembimbingan akademik, topik bimbingan,jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan.

Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan akademik.

 

28

 

6.5.2.3

Dokumen bukti pembimbingan magang kependidikan, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi

pertemuan.

 

 

 

29

 

 

 

6.5.2.5

Dokumen panduan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi

Dokumen bukti pembimbingan tugas akhir/skripsi, tesis dan disertasi.

Data jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan dalam 3 tahun terakhir disemua PS.

Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan tugasakhir,skripsi,tesis,dan disertasi.

 

30

 

6.6.2.1

Dokumen kegiatan akademik diluar perkuliahan yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil)padaTS.

Dokumenlaporanpelaksanaankegiatan

31

6.6.2.2

Dokumen kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) padaTS.

 

 

Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan.

 

 

32

 

 

6.7

Instrumen survei kepuasan mahasiswa dalam kinerjamengajar, layanan administrasi akademik, dan prasarana dansarana.

Dokumen pelaksanaan survei kepuasan mahasiswa

 Hasil survei kepuasan mahasiswa

 Dokumen tidak lanjut pengukuran kepuasan mahasiswa

33

7.1

Dokumen pedoman penelitian

Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian

34

7.2.1

Hasil penelitian(rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian)yang tertulis dalam LED.

 

35

 

7.2.2

Data penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir.

Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam penelitian.

 

36

 

8.1

Dokumen pedoman pengabdian kepada masyarakat

 Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pengabdian kepada masyarakat.

37

8.2.1

Hasil pengabdian kepada masyarakat(rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM)yang tertulis dalam LED.

 

39

 

8.2.2

Data PkM yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir

Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam PkM.

40

9.1.2.1

Data lulusan dalam 3 tahun terakhir

IPK lulusan (minimum,maksimum,dan rata-rata)

 

41

 

9.1.2.2

Data prestasi (juara 1, juara 2, juaran 3, harapan 1) mahasiswa dalam 3 tahun terakhir

Dokumen bukti prestasi mahasiswa

 

 

42

 

 

9.1.2.3

Data mahasiswa yang diterima dan lulus sesuai yang tertulis pada LED.

 Dokumen bukti kelulusan dan keberhasilan studi

 Dokumen sistem informasi terkait kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi.

 

 

43

 

 

9.1.2.4

Dokumen tertulis pelacakan lulusan

Instrumen pelacakan lulusan

Data lulusan dan lulusan yang terlacak sesuai yang tertulis pada LED.

Dokumen bukti pelacakan lulusan dan hasilnya.

 

 

Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan.

44

9.1.2.5

Data hasil pelacakan lulusan berdasarkan tingkat relevansipekerjaansesuaiyang tertulispada LED.

 

 

45

 

 

9.1.2.6

Instrumensurveikepuasanpenggunalulusan

Dokumen pelaksanaan dan hasil survei tingkat kepuasanpenggunalulusan.

 Dokumen tindak lanjut yang dilakukan UPPS/PS sesuai jenis kemampuan dan tingkat kepuasan pengguna.

 

 

Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.

46

9.2.2.1

 Artikel ilmiah(rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan)yang jumlahnya tertulis dalam LED.

47

9.2.2.2

Dokumensitasi publikasi ilmiah

 

48

 

9.2.2.3

Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat.

Dokumen bukti adopsi

 

49

 

9.2.2.4

Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yangber-HKI atauPaten.

Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Meneri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwenang)

 

50

DokumentasiVideo/Live

Fasilitas laboratorium,ruangkelas,perpustakaan,pengelolasistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan,fasilitasumum,dan fasilias pendukung lainnya.

 

Jumlah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

No. Semester Jumlah Mahasiswa
1 Genap 2023 56
2 Ganjil 2023 63
3 Genap 2022 78
4 Ganjil 2022 62
5 Genap 2021 69
6 Ganjil 2021 69
7 Genap 2020 87
8 Ganjil 2020 88
9 Genap 2019 107
10 Ganjil 2019 127
11 Genap 2018 107
12 Ganjil 2018 125
13 Genap 2017 107
14 Ganjil 2017 101
15 Genap 2016 539
16 Ganjil 2016 92
17 Genap 2015 555
18 Ganjil 2015 218
19 Genap 2014 229
20 Ganjil 2014 220
21 Genap 2013 231
22 Ganjil 2013 268
23 Genap 2012 267
24 Ganjil 2012 305
25 Genap 2011 275
26 Ganjil 2011 282
27 Genap 2010 276
28 Ganjil 2010 287
29 Genap 2009 257
30 Ganjil 2009 294