• Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6 Komplek Muhammadiyah Kauman Kota Padang Panjang.

  • Telp / Fax(0752) 82612
    082174437882

  • Email fkipumsb@yahoo.com

Yudisum Ppg Fkip Um Sumatera Barat Berhasil Luluskan 85 Mahasiswa Terbaik

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Sumatera Barat berhasil mewisuda (Yudisium) sebanyak 85 lulusan untuk Program Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan tanggal 26 Juni 2024 di Convention Hall “Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, MAg” Kampus III Bukittinggi. Para lulusan tersebut berasal dari tiga bidang studi yaitu: Pendidikan Matematika (30 orang), Pendidikan Bahasa Indonesia (29 orang) dan Pendidikan Bahasa Inggris (26 orang).

Kegiatan Yudisium dibuka Rektor UM Sumatera Barat diwakili Dekan FKIP Dr. Gusmaizal Syandri, MPd dan dihadiri para dekan di lingkungan Kampus III, Kaprodi, Dosen dan Tendik termasuk keluarga wisudawan.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP menyatakan bahwa wisudawan tersebut telah berhasil menyelesaikan pendidikan yang berjalan selama 2 bulan penuh dan telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG sehingga kepada mereka layak diberikan sebutan atau gelar profesi Guru (Gr.).

Berdasarkan SK Mendikbud-Ristek RI Nomor: 464/E/O/2022 tertanggal 23 Juni 2022, UM Sumatera Barat diberikan kepercayaan sebagai Kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk menyelenggarakan pembelajaran bagi mahasiswa PPG. Sejak mengantongi izin tersebut, FKIP UM Sumatera Barat telah berhasil menyelenggarakan kegiatan PPG untuk 3 angkatan. Pada tahun 2023, telah dilaksanakan sebanyak 2 angkatan yaitu angkatan ke-1 dengan meluluskan 59 orang dan angkatan ke-2 dengan meluluskan 86 orang. Pada tahun 2024, telah dilaksanakan angkatan ke-3 dengan meluluskan 85 orang. Dengan demikian, jumlah lulusan PPG FKIP UM Sumatera Barat sebanyak 230 orang.

Selain itu, Dekan FKIP UM Sumatera Barat juga menambahkan bahwa sebaran daerah asal mahasiswa yang mengikuti PPG cukup luas yang mencakup 4 propinsi di Pulau Sumatera yaitu: Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Sumatera Barat.

Salah seorang lulusan PPG Angkatan ke-3 bernama Keadilan Gaho, SPd.Gr. yang didaulat menyampaikan pidato wisudawan menyatakan kesan mendalam atas pelayanan yang diberikan civitas akademika selama proses pembelajaran berlangsung. Lebih jauh, lulusan PPK Program Studi Matematikan yang berasal dari Nias Selatan tersebut menyatakan, “Saya jauh dari ujung Sumatera tepatnya di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara menempuh perjalanan selama 2 hari 2 malam, dengan perbedaan zona cuaca demi melihat kampus kebanggaan saya dan pastinya kampus kebanggaan Indonesia yaitu UM Sumatera Barat. Kampus ini telah melahirkan banyak insan berpotensi dengan tidak memandang suku, agama dan golongan dalam memberi pelayanan terbaiknya”.

Selain itu, diungkapkan pula pengalaman bergaul dengan civitas akademika yang ramah dan terbuka, “Ketika saya proses mendaftar dan dinyatakan lulus dalam tes masuk PPG, dan mendapat LPTK di Kampus UM Sumatera Barat, saya sempat membayangkan pasti tata cara pembelajaran yang diberikan kaku, dan mungkin saja dosen-dosennya tidak bersahabat. Tetapi kenyataan yang didapatkan berbanding terbalik dengan yang dirasakan. Saat saya mulai mengikuti perkuliahan secara daring dan seluruh proses pembelajaran PPG, ternyata dosennya luar biasa ramah. Kekakuan yang saya pikirkan sebelumnya tidak pernah terjadi. Proses pembelajaran yang berjalan serius tapi santai dan juga layanan terhadap proses PPG kami, membuat kekaguman saya bertambah besar kepada semua dosen di lingkungan PPG FKIP UM Sumatera Barat”, katanya.

Untuk itu, mewakili lulusan angkatan ke-3, Keadilan Gaho, SPd.Gr., mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Rektor dan seluruh civitas akademika FKIP UM Sumatera Barat dan mendoakan bagi kejayaan dan keberhasilan kampus LPTK ini dalam menyelenggarakan kegiatan PPG di masa yang akan datang.

SHARE KE: